Sunday, October 4, 2009

Bencana Alam, Asia Tenggara Diliputi Duka


Bencana Alam, Asia Tenggara Diliputi Duka

HANOI - Asia Tenggara sedang diselimuti duka. Filipina, Vietnam, Laos, Kamboja diterjang banjir besar akibat Topan Ketsana. Sementara Indonesia diguncang gempa.

Jumlah korban tewas akibat Topan Ketsana di Asia Tenggara sudah menembus angka 320 orang. Sementara jumlah korban meninggal akibat gempa di Suamatera Barat sudah mendekati angka 500 orang (versi Departemen Kesehatan). Jumah tersebut ditaksir meningkat hingga ribuan orang. Bahkan Menteri KEsehatan Siti Fadilah Supari menyatakan ada 4.000 orang yang masih tertimbun reruntuhan bangunan.

Sementara korban tewas akibat Ketsana di Vietnam hingga Sabtu ini sudah mencapai 107 orang.

Komite bencana nasional dan penanganan badai di Hanoi seperti dikutip AFP, Sabtu (3/10/2009), menyatakan terdapat 28 orang yang masih dinyatakan hilang dan 252 mengalami luka.

Jumlah tersebut lebih sedikit dari data yang dilansir kantor komite badai dan banjir Danang, kota yang berada lebih dekat dengan lokasi terparah yang diterjang badai. Danang mencatat sudah 122 orang tewas. Itu pun merupakan data yang diperoleh pada Selasa lalu.

Jumlah korban terbanyak terdapat di Provinsi Quang Ngai, sebelah selatan Danang, dan wilayah pegunungan di Provinsi Kon Tum. Di kedua tempat itu sudah 33 mayat yang ditemukan.

Sejauh ini pemerintah menghitung biaya keruguian akibat Ketsana mencapai USD587 juta atau sekira Rp5,6 triliun. Itu pun belum semua daerah yang dihitung, yaitu baru 10 dari 14 provinsi. Akibat badai sebagian besar wilayah Vietnam digenangi banjir.

Vietnam kerap diterjang badai setiap tahun. Namun jumlah akibat Ketsana sudah melebihi topan ganas lainnya yang menerjang negara itu. Pada 2006 Vietnam diterjang Topan Durian dan Xangsane. Masing-masing topan tersebut merenggut lebih dari 70 nyawa.

Selain Vietnam, Ketsana juga menyebabkan banjir di Filipina, Kamboja, dan Laos. Sejauh ini sudah 293 korban tewas di Filipina, 24 di Laos, dan 17 di Kamboja.(ton)

Anton Suhartono - Okezone
Foto: Reuters

Mr. Peace Poenya :
http://www.jenongscorner.blogspot.com/
http://www.elsalam-cash.blogspot.com/
http://www.elsalam.50webs.com/

No comments:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar anda... :)