Monday, April 6, 2009

Korban Jiwa Jadi 27 Orang

Korban Jiwa Jadi 27 Orang

Korban jiwa akibat gempa bumi di Italia terus bertambah. Sejauh ini setidaknya 27 orang telah tewas akibat gempa tersebut.

Demikian diungkapkan pejabat-pejabat rumah sakit setempat seperti diberitakan kantor berita Italia, ANSA dan dilansir kantor berita AFP, Senin (6/4/2009).

Para petugas penyelamat saat ini masih berupaya menemukan para korban yang terperangkap di bawah reruntuhan rumah dan bangunan. Korban jiwa kemungkinan bahal bertambah lagi.

Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi telah menyatakan keadaan darurat.

Gempa tersebut mengguncang pada Senin, 6 April sekitar pukul 03.32 waktu setempat. Kerusakan terparah terjadi di Kota L'Aquila, ibukota wilayah Abruzzo, sekitar 100 kilometer sebelah timur Roma. Gempa bumi kerap terjadi di wilayah tersebut.

Gempa kuat ini meruntuhkan ribuan rumah dan gereja serta bangunan lainnya. Pejabat setempat menyatakan, ribuan orang kehilangan tempat tinggal akibat gempa ini.

Seorang warga L'Aquila menuturkan, sebuah blok apartemen runtuh tinggal puing-puing. "Gedung ini tadinya empat lantai," ujar saksi mata itu. Beberapa orang tertimbun puing-puing gedung.

Badan Survei Geologi AS menyatakan, gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter. Namun menurut badan Italia, gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter.

Ini merupakan gempa bumi terburuk di Italia sejak tahun 2002. Ketika itu 30 anak tewas di sebuah sekolah yang ambruk akibat gempa.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar anda... :)