Monday, April 6, 2009

Oasis: Selamatkan Musik, CD Harus Lebih Murah

Oasis: Selamatkan Musik, CD Harus Lebih Murah

Banyak cara untuk menyelamatkan industri musik yang kian terpuruk. Menurut Oasis salah satunya dengan menekan harga CD.

Wara-wiri di industri musik sejak 18 tahun silam membuat Oasis bisa merasakan perbedaan iklim industri musik kini. Menurut mereka perusahaan rekaman harus cepat tanggap dalam menghadapi pembajakan yang bisa mematikan industri musik.

Ketika ditemui reporter detikhot, Puteri Fatia di backstage Singapore Indoor Stadium, Minggu (5/4/2009), gitaris Oasis, Noel Gallagher mengungkapkan kekhawatirannya terhadap industri musik. Berikut petikan pernyataan Noel seputar industri musik:

T: Banyak perusahaan rekaman bangkrut karena pembajakan, apa yang harus dilakukan industri musik menurut Oasis?

J: Well, CD harus dibuat lebih murah. Sehingga mudah bagi siapa saja untuk membeli. Jika harga CD bisa ditekan, saya yakin pecinta musik sejati akan memilih membeli album asli ketimbang download. Ada perasaan berbeda ketika membeli album asli, membaca covernya, melihat foto-fotonya membuat orang serasa dekat dengan band idolanya.

J: Saya tahu tidak semudah itu membuat harga murah, karena harga bahan bakunya sendiri juga sudah mahal. Tapi ketika anak berumur 15 tahun tidak punya uang dan harga CD dipatok 25 pound maka ia akan memilih download gratis.

J: Harga tentu saja berhubungan dengan banyak hal. Kami sebagai band misalnya hanya mendapat 1 pound setiap penjualan album. Pendapatan tersebut akan kami gunakan untuk menjalankan manajemen kami dan operasional. Sisanya, tak lebih dari separuhnya yang bisa kami nikmati sendiri.


No comments:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar anda... :)